Fitur - Fitur di dalam Microsoft Word dan Microsoft Exsel

Assalamualaikum wr wb.
Kali ini saya akan membahas fitur - fitur yang ada di dalam Microsoft Word sama Microsoft Exsel simak di bawah ya guysπŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

MICROSOFT WORD DAN FITUR- FITURNYA :

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan bagaimana cara mengoperasikan sebagian fitur dari Microsoft Word , fitur - fitur yang akan kita bahas kali ini adalah :

 Fitur yang dapat digunakan pasa Microsoft Office Word : 
1. Microsoft  Office Buttom / FILE
Berada dipojok kiri atas jendela kerja Microsoft Power Point yang berfungsi untuk membuka menu. Microsoft Office buttom berisi fungsi-fungsi utama dari file seperti:
- New berfungsi untuk membuka lembaran baru yang masih kosong.
- Open berfungsi untuk membuka file yang telah disimpan.
- Prepare berfungsi menyiapkan presentasi.
- Publish berfungsi mempublikasi presentasi.
- Send berfungsi untuk mengirim file lewat email atau sejenisnya.
- Close / exit berfungsi untuk menutup lembar kerja/program Ms. Word.
- Recent berfungsi untuk memuka file yang telah kita tutup drngan cepat.
- Save berfungsi menyimpan dokumen ke media penyimpanan.
- Save As berfungsi menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain.
- Save as Web page berfungsi  menyimpan dalam format file web page.
- Seacrh berfungsi  mencari teks tertentu dari suatu file.
- Versions berfungsi untuk mengetahui versi Ms. Word.
- Web page Preview berfungsi  melihat tampilan dokumen dalam format web page.
- Page setup berfungsi  mengatur tampilan halaman yang akan dicetak pada pada    dokumen.
- Print Preview berfungsi  melihat tampilan dari dokumen yang akan di cetak.
- Print berfungsi  mencetak dokumen dan mengatur kerja printer.
- Send to berfungsi  mengirim dokumen melalui e-mail.
- Propertise berfungsi  mengetahui beberapa keterangan mengenai isi dokumen.
2. Quick Access Toolbar berisi:
- Save berfungsi untuk menyimpan file.
- Undo berfungsi untuk membatalkan suatu perintah yang dilakukan.
- Repeart berfungsi untuk membatalkan perintah yang terlanjur dibatalkan.
3. Title Bar
Merupakan bagian dari elemen layar power point yang menampilkan nama program yang sedang aktif.
4. Ribbon Tab
Merupakan kumpulan beberapa kelompok perintah dari tabs terdiri dari beberapa groups, diantaranya Merupakan kumpulan beberapa kelompok perintah dari tabs terdiri dari beberapa groups, diantaranya Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, View. Untuk fungsi dari masing-masing group/sub menu adalah sebagai berikut:
a. Home
Adalah tab yang berisikan kumpulan menu-menu standar yang terdiri dari beberapa Sub-sub menu atau group diantaranya:
b. Clipboard
Digunakan untuk menampung sementara file-file hasil copy, hasil pemotongan, serta format printer. Selain itu, submenu ini digunakan untuk menampilkan kembali hasil proses copy atau pemotongan yang telah dilakukan. Group Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
- Paste berfungsi untuk menempelkan hasil copy atau cut.
- Cut berfungsi untuk memotong teks/objek terpilih.
- Copy berfungsi untuk menggandakan teks/objek terpilih.
- Format Painter berfungsi untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.
5. Font
Berisi ikon-ikon untuk fungsi pengaturan model/jenis huruf, ukuran huruf, menebalkan huruf, mencetak huruf miring, membuat huruf turun, naik setengah karakter, menghapus huruf, memberi warna huruf, memberi background huruf, dan membuat huruf menjadi besar atau kecil satu karakter. di Group Font secara khusus berfungsi untuk pemformatan seputar huruf. Terdiri dari :
- Font berfungsi untuk memilih jenis huruf.
- Font Size berfungsi untuk mengatur ukuran huruf.
- Grow Font berfungsi untuk memperbesar ukuran huruf secara instan.
- Shrink Font berfungsi untuk memperkecil ukuran huruf secara instan.
- Change Case berfungsi untuk Untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil.
- Clear Formatting berfungsi untuk menghapus pemformatan teks terpilih.
- Bold berfungsi untuk menebalkan teks terpilih.
- Italic berfungsi untuk memiringkan Teks terpilih.
- Underline berfungsi untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih.
- Strikethrough berfungsi untuk memberikan tanda coret padateks terpilih.
- Subscript berfungsi untuk mengetik karakter pemangkatan.
- Superscript berfungsi untuk mengetik karakter pemangkatan.
- Text Effect berfungsi untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih.
- Text Highlight Color berfungsi untuk memberikan warna stabilo di belakang    teks terpilih.
- Font Color berfungsi untuk mengatur warna teks terpilih.
6.  Paragraph
Kegunaannya adalah untuk pengaturan dan pemberian bullet and numbering, pengaturan outline number, melakukan decrease dan increase indentasi paragraf, perataan teks atau Allignment (yang terdiri dari align left, right, dan justify), pengaturan jarak baris (spasi), pemberian color (fill color), pemberian bingkai (border), dan pengurutan data (sort). Group Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf teks. Perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:
- Bullets berfungsi untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih.
- Numbering berfungsi untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih.
- Decrease Indent berfungsi untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri.
- Increase Indent berfungsi untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan.
- Left-to-Right berfungsi  untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin).
- Right-to-Left berfungsi untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab).
- Sort berfungsi untuk menyortir data.
- Show Paragraph Marks berfungsi untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf.
- Align Text Left berfungsi untuk mengatur teks rata kiri.
- Center berfungsi untuk mengatur teks rata tengah.
- Align Text Right berfungsi untuk mengatur teks rata kanan.
- Justify berfungsi untuk mengatur teks rata kanan-kiri.
- Line Spacing berfungsi untuk mengatur jarak antar baris teks.
- Shading berfungsi untuk mengatur warna latar teks terpilih.
- Border berfungsi untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.
7. Style
Digunakan untuk mengatur penampilan teks (di antaranya dengan pilihan normal, tidak berspasi, serta heading). Group Styles terdiri dari:
- Heading Styles   berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih.
- Change Styles berisi pilihan pengaturan tema paragraf.
8. Editing
Digunakan untuk proses pengeditan teks. Group Editing terdiri dari:
- Find digunakan untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file.
- Replace digunakan untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file.
-  Select digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file.
9. Insert
Digunakan untuk memasukkan instruksi-instruksi ke dalam dokumen. Yang terdiri dari beberapa Sub-sub menu atau group diantaranya:
a. Page
Digunakan untuk untuk pembuatan halaman cover, membuat atau membuka dokumen yang masih kosong dan membuat penggalan halaman. Yang terdiri dari beberapa tool diantaranya:
- Cover Page digunakan untuk menyisipkan serta memilih jenis halaman sampul.
- Blank Page digunakan untuk menyisipkan halaman kosong baru dalam suatu file dokumen Break.
- Page digunakan untuk memisah suatu halaman file dokumen.
b. Tabel
Digunakan untuk menyisipkan atau memasukkan tabel ke dalam lembar kerja Word. Yang terdiri dari beberapa tool diantaranya:
- Insert Table digunakan untuk menyisipkan tabel melalui dialog Insert Table.
- Draw Table digunakan untuk menyisipkan tabel dengan cara menggambar di halaman dokumen.
- Convert Text to Table digunakan untuk menjadikan teks terpilih berada dalam tabel.
- Excel Spreadsheet digunakan untuk menyisipkan tabel dalam bentuk lembar kerja Excel.
- Quick Tables digunakan untuk menyisipkan tabel instan yang sudah tersedia jenis dan bentuknya di dalam Ms. Word 2010.
c. Ilustrations
Digunakan untuk memudahkan Anda dalam mendesain lembar kerja dengan cara menambahkan gambar, Clip Art, Shapes (gambar-gambar sederhana yang ditampilkan Word 2007), dan menyisipkan grafik. Yang terdiri dari beberapa tool diantaranya:
- Picture digunakan untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komputer.
- Clip Art digunakan untuk menyisipkan gambar-gambar ilustrasi yang tersedia di library program.
- Shapes digunakan untuk menyisipkan objek gambar autoshape.
- SmartArt digunakan untuk menyisipkan gambar dalam bentuk organization.
- Chart digunakan untuk menyisipkan diagram.
d. Link
Digunakan untuk menghubungkan file ke file yang lain, maka pilihan Link ini akan membantu dan mempermudah Anda menghubungkan ke file lain termasuk ke internet. Yang terdiri dari beberapa tool diantaranya:
- Hyperlink digunakan untuk menautkan teks / objek terpilih dengan file lain.
- Bookmark digunakan membuat penanda buku.
-  Cross-Reference digunakan untuk membuat referensi antar file.
e. Header and Footer
Header adalah sebuah perintah yang bisa digunakan untuk memberikan nomor halaman atau menambahkan catatan kepala (bagian atas kertas). Footer  adalah sebuah perintah yang bisa digunakan untuk memberikan nomor halaman atau menambahkan catatan kaki (bagian bawah kertas). Dengan kata lain Header and Footer digunakan untuk menyisipkan teks pada header dan footer sebuah dokumen serta pemberian nomor halaman. Yang terdiri dari beberapa tool diantaranya:
- Header digunakan untuk mengatur kepala halaman suatu file.
- Footer digunakan untuk melakukan setting terhadap kaki halaman suatu file.
- Page Number digunakan untuk melakukan setting terhadap homor halaman.
f. Menu Text
Digunakan untuk membuat Text Box, membuat WordArt (huruf indah), serta pembuatan Drop Cap (huruf menjadi lebih besar di awal paragraf). Yang terdiri dari beberapa tool diantaranya:
- Text Box digunakan untuk menyisipkan kotak yang dapat diisi dengan teks.
- Quick Parts digunakan untuk mengatur teks otomatis.
- WordArt digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik.
- Drop Cap digunakan untuk menyisipkan huruf kapital besar pada awal paragraf.
- Signature Line digunakan untuk menyisipkan tanda tangan digital.
- Date & Time digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini.
- Object digunakan untuk menyisipkan objek dengan ekstensi OLE (Object Linking Embedded).
g. Symbol
Digunakan untuk membuat/memasukkan rumus serta simbol-simbol ke dalam teks. Yang terdiri dari beberapa tool diantaranya:
- Equation digunakan untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, terutama dalam bidang matematika.
- Symbol digunakan untuk menyisipkan karakter khusus.
10. Page Layout
Digunakan untuk mengatur tata letak data, yang meliputi Page Setup, memberi warna background pada lembar kerja, mengatur spasi antarbaris, membuat kolom pada teks, dan mengatur indentasi. Page Layout ini terdiri dari Sub-sub menu atau group sebagai berikut:
a. Themes
Digunakan untuk pengaturan huruf dengan format sesuai keinginan (misalnya heading, normal, dan lain-lain). Yang terdiri dari beberapa tool diantaranya:
- Themes digunakan untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya.
- Color digunakan untuk mengatur warna tema halaman.
- Fonts digunakan untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen aktif.
- Effect digunakan untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di halaman dokumen.
b. Page Setup
Digunakan untuk pengaturan margin (batas tepi kertas), paper size (ukuran kertas), dan pembuatan kolom teks. Yang terdiri dari beberapa tool diantaranya:
- Margins digunakan untuk mengatur batas teks di halaman dokumen.
- Orientation digunakan untuk mengatur posisi kertas.
- Size digunakan untuk mengatur ukuran halaman.
- Columns digunakan untuk mengatur jumlah kolom teks.
- Breaks digunakan untuk mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks.
- Line Numbers digunakan untuk mengatur kontinuitas nomor baris teks.
- Hypenation digunakan untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis.
c. Page Background
Digunakan untuk memformat halaman menjadi berwarna, watermark, dan pembuatan bingkai halaman kertas. Yang terdiri dari beberapa tool diantaranya
d. Paragraph
Digunakan untuk mengatur seberapa besar indentasi (menjorok) serta membuat spasi antar baris teks. Yang terdiri dari beberapa tool diantaranya:
- Indent digunakan untuk mengatur batas teks.
- Spacing digunakan untuk mengatur jarak antar paragraf.
e. Arrange
Digunakan untuk mengatur tata letak/posisi teks di dalam halaman, seperti diletakkan di depan atau di belakang gambar. Yang terdiri dari beberapa tool diantaranya:
- Position digunakan untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman.
- Wrap text digunakan untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraf teks.
- Bring Forward digunakan untuk untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya.
- Send Backward digunakan untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya.
- Selection Pane digunakan untuk menampilkan panel navigasi objek.
- Align digunakan untuk mengatur posisi objek lepas.
- Group digunakan untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup.
- Rotate digunakan untuk memutar, dan membalik suatu objek terpilih.
11. References
Digunakan untuk memasukkan berbagai perintah seperti menuliskan footnote (catatan kaki), menyisipkan gambar, dan membuat tanda citasi.
12. Mailings
Tab ini berguna untuk membuat mail merger (surat massal), mengetik teks pada amplop, dan membuat label.
13. Review / Tool
Digunakan untuk mengecek kesalahan tata bahasa serta memproteksi dokumen. Yang terdiri dari beberapa tool diantaranya:
- Spelling and Grammar digunakan untuk menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau paragraf dalam sebuah dokumen.
- Language digunakan untuk menjalankan fasilitas penerjemah bahasa.
- Word Count digunakan untuk memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata, karaktek, paragraf, dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif.
- Autosummarize digunakan untuk memberikan data statistik tentang jumlah huruf dan kata pada dokumen – aktif.
- Speech digunakan untuk mengubah pembicaraan melalui mikrofon menjadi teks, atau sebaliknya.
- Track Changes digunakan untuk menandai teks yang baru diubah sisinya.
- Compare and Merge Documents digunakan untuk membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif dokumen lainnya.
- Protect Document digunakan untuk melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokumen.
- Online Collaboration digunakan untuk mengadakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet.
- Letters and Mailings digunakan untuk memuat surat melalui fasilitas wizard.
- Macro digunakan untuk membuat dan menghapus macro sendiri.
- Template and add-ins digunakan untuk mengatur tampilan template.
- AutoCorrect Options digunakan untuk memperbaiki teks secara otomatis.
- Customize digunakan untuk menata toolbar, menambahkan perintah bari, membuat menu da toolbar sesuai keinginan.
- Options digunakan untuk membantu nebggybajab sevekas tabulasi yaitu View, Edit, Print, Save, User,Information, Compability, File Locations, Security, Spelling & Grammar, dan Track Changes.
13. View
Digunakan untuk menampilkan atau mencetak dokumen pada layar, mengatur ukuran cetakannya, dan menampilkan garis bantu pada lembar kerja. Yang terdiri dari beberapa tool diantaranya:
- Normal digunakan untuk mengubah tampilan layar ke bentuk normal.
- Web layout digunakan untuk mengubah tampilan layar dalam bentuk web view.
- Print layout digunakan untuk mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view.
- Outline digunakan untuk mengubah tampilan layar ke bentuk outline view.
- Task Pane digunakan untuk menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar.
- Toolbars digunakan untuk menampilkan dan menyembunyikan toolbar.
- Ruler digunakan untuk menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur.
- Show Paragraph Marks digunakan untuk menampilkan simbol paragraph.
- Gridlines digunakan untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja.
- Documents Map digunakan untuk menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar.
- Header Footer digunakan untuk membuat dan menghapus judul atas dan bawah di dokumen.
- Footnotes digunakan untuk melihat catatan hasil footnote.
- Mark up digunakan untuk menampilkan toollbar markup.
- Full Screen digunakan untuk menampilkan dokumen dalam satu layar penuh.
- Zoom digunakan untuk menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar.
14. Help
Digunakan untuk memunculkan fasilitas help yang bisa membantu kita menyelesaikan masalah. Yang terdiri dari beberapa tool diantaranya:
- Microsoft Word Help digunakan untuk memunculkan fasilitas help yang bisa membantu kita  menyelesaikan masalah.
- Show the Office Assistant digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan office assistant.
- What’s This digunakan untuk meminta penjelasan mengenai icon yang ditunjuk.
- Office on the Web digunakan untuk meminta  informasi terkini dari office web site.
- Activate Product digunakan untuk memunculkan activate product.
- Word Perfect Help digunakan untuk memberikan informasi bagi pemakai word perfect.
- Detect and Repair digunakan untuk mencari dan memperbaiki kesalahan secara otomatis.
- About Microsoft Word digunakan untuk menampilkan informasi mengenai program MS-Word yang kita gunakan.

MICROSOFT EXCEL DAN FITUR-FITURNYA :

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan bagaimana cara mengoperasikan sebagian fitur dari Microsoft Exsel , fitur - fitur yang akan kita bahas kali ini adala : 
- MEMFORMAT CELLS 
- FUNGSI PERHITUNGAN
- FORMAT KARAKTER 
- FUNGSI LOGIKA 
- MEMBUAT GRAFIK 
- FUNGSI LOOKUP
- MEMFORMAT CELLS
1. Mengcopy dan Memindahkan Isi Sel

Mengcopy Sel :
Blok sel yang ingin di-Copy
Pilih menu Edit – Copy (Ctrl + C)
Pilih sel untuk menempatkan hasil copy-an
Pilih menu Edit – Paste (Ctrl + V) untuk mengeluarkan isi copy-an.

Memindahkan Sel : 
Blok sel yang ingin dipindahkan
Pilih menu Edit – Cut (Ctrl + X)
Pilih sel yang baru untuk meletakkan hasil pindahan
Pilih menu Edit – Paste (Ctrl + V).

2. Membuat Nomor & Bulan Berurut
Ketik angka atau bulan pertama pada sel yang diinginkan
Ketik angka atau bulan kedua pada sel selanjutnya (berurutan).
Blok kedua sel tersebut secara berurutan
Letakkan pointer pada sudut kanan bawah hingga keluar tanda tambah.

3. Menggabungkan Sel
Blok sel yang ingin digabungkan Pilih menu Format – Cells Klik Alignment Tandai / klik Merge Cells – Ok Atau Blok sel yang ingin digabungkan secara berurutan Klik icon.

4. Mengetengahkan Teks
Klik tab Home Klik di tanda panah icon Alignment Klik Alignment Pada Horizontal pilih Center Pada Vertical pilih Center
Klik Ok.

5. Mengatur Tata Letak Teks
Klik sel dimana terdapat teks yang ingin diatur tata letaknya Klik Alignment
Pada Orientation aturlah tata letak dan derajat kemiringan teks
Klik Ok.

6. Membuat Garis Tabel
Blok seluruh sel yang ingin diberi garis tabel Klik Alignment Klik Border
Pilih garis tabel yang ingin Anda masukkan
Ok.

7. Membuat Simbol Mata Uang
Blok semua angka yang ingin diberi simbul mata uang Klik AlignmentPilih Number
Klik Accounting Pilih mata uang di Symbol
Isikan angka 0 (nol) pada Decimal Places
Klik Ok.

8. Membuat Nama Satuan Pada Penulisan Angka
Blok semua sel yang berisi angka Klik Alignment Klik Number – Custom
Pada Type tuliskan 0 “unit” (untuk nama satuan unit) Klik Ok.

FUNGSI PERHITUNGAN

1.  Fungsi Sum(.......)
Fungsi Sum digunakan untuk melakukan penjumlahan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk penulisannya : = SUM(number1, number2, ……)
Contoh : = SUM(4,8,9) Tekan Enter.

2.  Fungsi Product(…….)
Fungsi Product digunakan untuk melakukan perkalian sekumpulan data pada suatu range. Bentuk penulisannya : =PRODUCT(number1, number2,….)
Contoh : =PRODUCT(4,5,2) Tekan Enter.

3.  Fungsi Max(.......)
Fungsi Max digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data ( range). Bentuk penulisannya adalah : =MAX(number1,number2,……)
Contoh : =MAX(14,25,21) Tekan Enter.

4.  Fungsi Min(.......)
Fungsi Min digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data ( range). Bentuk penulisannya adalah : =MIN(number1, number2,……)
Contoh : =MIN(40,5,2) Tekan Enter.

5.  Fungsi Count(……)
Fungsi Count digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang dipilih.
Bentuk penulisannya adalah : =COUNT(value1, value2,…..)
Contoh : =COUNT(2,2,2,2,2,2,2) Tekan Enter.

6.  Fungsi Round(.......)
Fungsi Round digunakan untuk membulatkan bilangan ke digit tertentu. Bentuk penulisannya adalah : =ROUND(number,num_digits)
Contoh : =ROUND(123.4567,1) Tekan Enter.

7.  Fungsi Sqrt(…….)
Fungsi Sqrt digunakan untuk menghasilkan suatu nilai akar kwadrat dari suatu bilangan.
Bentuk penulisannya adalah : =SQRT(number)
Contoh : =SQRT(9) Tekan Enter.

8.  Fungsi Power(……)
Fungsi Power digunakan untuk menghasilkan suatu bilangan yang dipangkatkan.
Bentuk penulisannya adalah : = Power(number,power)
Contoh : =POWER(6,2) Tekan Enter.

9.  Fungsi Sumsq(…….)
Fungsi Sumsq digunakan untuk mempangkat duakan angka dalam argument dan
memberikan jumlah dari pemangkatan. Bentuk penulisannya adalah :
=SUMSQ(number1,number2,…)
Contoh : =SUMSQ(3,4) Tekan Enter.

10. Fungsi Average(……)
Fungsi Average digunakan untuk menghitung nilai-nilai rata-rata. Bentuk penulisannya
adalah : =AVERAGE(number1, number2,…)
Contoh : =AVERAGE(10,5) Tekan Enter.

FORMAT KARAKTER

1.  LEFT (Mengambil Karakter Kiri )
Left ini digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kiri dari suatu.
teks. Bentuk umum penulisannya adalah =LEFT(text,num_chars).
Contoh : LEMBAGA =LEFT(E20,3) Hasilnya : LEM.

2.  MID (Mengambil Karakter Tengah )
Mid ini digunakan untuk mengambil karakter pada bagian tengah dari suatu teks.
Bentuk penulisannya adalah : =MID(text,start_num,num_chars)
Contoh : LEMBAGA =MID(E20,2,3) Hasilnya : EMB.

3.  RIGHT (Mengambil Karakter Kanan )
Right ini digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kanan dari
suatu teks. Bentuk penulisannya adalah : =RIGHT(text,num_chars)
Contoh : LEMBAGA =RIGHT(E20,4) Hasilnya : BAGA.

4.  DATA SORT (Mengurutkan Data)
Langkah mengurutkan suatu data adalah :
Blok seluruh data yang ingin diurutkan
Pilih tab Data – klik icon Sort ,
Klik AZ untuk pengurutan Ascending (diurutkan berdasarkan dari kecil ke yang
besar)
Klik ZA untuk pengurutan Descending (diurutkan berdasarkan dari besar ke yang kecil.

5. DATA FILTER (Menyaring Data)
Langkah menyaring suatu data adalah :
Blok seluruh data dalam tabel
Pilih tab Data –Klik icon Filter
Untuk menghilangkan tanda klik kembali icon Filter.

FUNGSI LOGIKA

Fungsi logika atau bersyarat memungkinkan kita menguji persyaratan dalam sel.
Fungsi bersyarat ini adalah suatu kondisi atau =IF yang hasilnya bergantung pada benar
atau salahnya pengujian. Fungsi Logika memerlukan operator perbandingan yaitu :
= (sama dengan)
< (lebih kecil dari)
> (lebih besar dari)
<= (lebih kecil sama dengan)
>= (lebih besar sama dengan)
<> (tidak sama dengan)

IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)
Untuk memilih di antara dua nilai berdasarkan dua kondisi yaitu kondisi benar atau
kondisi salah.

1.  Fungsi If Tunggal
Contoh 1 : =IF(A2>50,”Naik Kelas”,”Tinggal Kelas”)
Artinya jika nilai sel A2 lebih besar dari 50, maka dinyatakan “Naik Kelas”,
sebaliknya jika nilai sel A2 kurang dari 50 maka dinyatakan “Tinggal Kelas”. A2 disini ada dikolom raihan
Contoh 2 : =IF(A2=”B”,”Baik”,”Buruk”)
Artinya jika nilai sel A2 berinisial B, maka bersikap “BAIK”. Namun sebaliknya bila
bukan B, maka bersikap “BURUK”.

2.  Fungsi If Majemuk
Contoh :
=IF(C4=”A”,”ISTIMEWA”,IF(C4=”B”,”BAIK”,IF(C4=”C”,”C UKUP”,”KURANG”)))
Artinya jika pada sel C4 nilainya A maka hasilnya “ISTIMEWA”, jika pada sel C4
nilainya B maka hasilnya “BAIK”, jika pada sel C4 nilainya C maka hasilnya
“CUKUP”, atau selain kondisi diatas maka akan menghasilka n nilai “KURANG”.
MEMBUAT GRAFIK
Grafik (Chart) biasanya sering digunakan untuk mengetahui suatu kenaikan atau
penurunan dari angka-angka yang terjadi pada suatu data, apakah data tersebut semakin
lama semakin meningkat atau semakin menurun.

1.  Grafik Column / Batang
Adapun contoh grafik column yang akan kita pelajari adalah seperti yang tertera
dibawah ini. Sebelum membuat suatu grafik, terlebih dahulu harus membuat sebuah tabel.
Langkah - langkah dalam membuat grafik column adalah : 
Terlebih dahulu blok isi data didalam tabel yang ingin dibuat grafik Klik tab Insert pilih bentuk grafik yang anda inginkan. Pada tab Design, klik pada icon bentuk layout grafik yang diinginkan. Tentukan judul presentasi dengan mengklik bentuk layout yang diharapkan.

2.  Grafik Pie/Lingkaran/Pizza
Grafik Pie agak sedikit berbeda dengan grafik column. Sebuah Grafik Column bisa membuat banyak macam item/karakter benda serta dalam jangka waktu yang lama atau dengan kata lain jangka waktu yang panjang ( misal : dalam beberapa tahun atau beberapa bulan). Sedangkan Grafik Pie hanya bisa untuk satu jenis item/karakter benda dalam beberapa jangka waktu yang panjang. Atau sebaliknya, yaitu dalam beberapa macam item/karakter benda dalam satu jangka waktu. Hal ini juga terdapat pada beberapa jenis grafik yang lain.
Langkah - langkah dalam membuat grafik pie/ pizza lingkaran adalah : 
Cara 1 & 2 sama dengan cara pembuatan Grafik Column diatas tadi.

FUNGSI LOOKUP

1.  VLOOKUP
Fungsi Vlookup ini digunakan untuk membaca tabel secara vertical (tegak). Bentuk
penulisannya adalah :
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])
Contoh Vlookup :
Data tabel perbandingan
Untuk mencari kolom lulusan, maka ketik rumus = Vlookup(C3,$G$6:$I$9,2) Dimana C3 (kolom C baris 3) merupakan Sel Kode di dalam Tabel Gaji Karyawan , kemudian data yang ada dalam Tabel Perbandingan harus diblok/ditandai, agar data dapat terbaca di dalam Tabel Gaji Karyawan. Untuk memunculkan simbol dollar ketika data diblok, tekan F4 di keyboard. Di ujung rumus ketik letak kolom lulusan (kolom 2).
 Untuk mencari kolom gaji ketik rumus =Vlookup(C3,$G$6:$I$9,3) , maka caranya sama seperti diatas. Namun yang berbeda adalah diujung rumus, ketik letak kolom gaji (kolom 3).

2. HLOOKUP
Fungsi Hlookup ini digunakan untuk membaca tabel secara horizontal (mendatar).
Bentuk penulisannya adalah :
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup] 
Untuk mencari kolom lulusan, maka ketik rumus =Vlookup(C3,$G$6:$I$9,2) Dimana C3 (kolom C baris 3) merupakan Sel Kode di dalam Tabel Gaji Karyawan, kemudian data yang ada dalam Tabel Perbandingan harus diblok/ditandai, agar data dapat terbaca di dalam Tabel Gaji Karyawan. Untuk memunculkan simbol dollar ketika data diblok, tekan F4 di keyboard. Di ujung rumus ketik letak kolom lulusan (kolom 2).
 Untuk mencari kolom gaji ketik rumus =Vlookup(C3,$G$6:$I$9,3), maka caranya sama seperti diatas. Namun yang berbeda adalah diujung rumus, ketik letak kolom gaji (kolom 3).

Semoga bermanfaat bagi semua blog yang saya buat kali iniπŸ˜€
Wassalamu'alaikum wr wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desain grafis

DESAIN GRAFIS