Rangkuman Graphical User Interface

        GRAPHICAL USER INTERFACE

Antarmuka pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai dapat menerima informasi dari pengguna dan memberikan informasi kepada pengguna untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi. Sebuah Sistem antarmuka pengguna memiliki piranti masukan (seperti keyboard, mouse,dan media input lainnya),perantik keluaran seperti monitor, printer), masukan dari pengguna (seperti garis, gerakan mouse dan ketikan keyboard) dan hasil yang dikeluarkan oleh komputer (seperti grafik, bunyi dan tulisan). Terdapat beberapa prinsip yang harus suatu antarmuka sebuah aplikasi,diantaranya usercompatibility, productcompatibility, task compatibility, workflow compatibility, consistency, familiarity, simplicity.

1. User compatibility

Antarmuka merupakan topeng sebuah pintu gerbang masuk ke sistem dengan diwujudkan ke dalam sebuah aplikasi perangkat lunak.

2. Product compatibility

Sebuah aplikasi yang menggunakan antarmuka harus sesuai dengan sistem aslinya.

3. Task compatibility

Sebuah aplikasi yang menggunakan antarmuka harus mampu membantu para user dalam menyelesaikan tugasnya. 

4. Workflow compatibility

Sebuah aplikasi sistem sudah pasti mengapdopsi sistem manualnya dan didalamnya tentunya terdapat urutan kerja dalam menyelesaikan pekerjaan. 

5. Consistency

Sebuah sistem harus sesuai dengan sistem nyata serta sesuai dengan produk yang dihasilkan. 

6. Familiarity

Sifat manusia mudah mengingat dengan hal-hal yang dilihatnya atau didapatkannya.

7. Simplicity

Kesederhanaan perlu diperhatikan pada saat membangun antarmuka. Tidak selamanya antarmuka yang memiliki menu banyak adalah antarmuka yang baik. 

8. Direct manipulation

User berharap aplikasi yang dihadapinya mempunyai media atau tools yang dapat digunakan untuk melakukan perubahan pada antarmuka tersebut.

9. Control

Prinsip control ini berkenaan dengan sifat user yang mempunyai tingkat konsentrasi yang berubah-ubah.

10. Flexibility

Fleksibel merupakan bentuk dari dari solusi pada saat menyelesaikan masalah.

Ada 5 tipe antarmuka yang dapat digunakan untuk menjembatani interaksi antara pengguna dengan aplikasi multimedia interaktif, yaitu :

1) Direct manipulation

2) Menu selection 

3) Form fill-in 

4) Command Language

5) natural language

Semoga bermanfaat rangkuman yang saya buat kali ini 😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desain grafis

DESAIN GRAFIS

Fitur - Fitur di dalam Microsoft Word dan Microsoft Exsel