RANGKUMAN DESAIN MEDIA INTERAKTIF
Assalamualaikum wr.wb guys kita akan membahas rangkuman tentang DESAIN MEDIA INTERAKTIF.Rangkuman yang saya buat ini semoga bermanfaat ya ππππ
A. Pengertian Multimedia Interaktif
Multimedia interaktif adalah media yang menggabungkan teks, grafik, video, animasi,
dan suara. Guna menyampaikan suatu pesan dan informasi, melalui media elektronik seperti
komputer dan perangkat elektronik lainnya. Pengertian Multimedia Interaktif menurut
beberapa ahli dijelaskan sebagai berikut:
1. Menurut Robin dan Linda (seperti dikutip Benardo, 2011), Multimedia interaktif
adalah alat yang dapat menciptakan persentasi yang dinamis dan interaktif, yang
mengombinasikan teks, grafik, animasi, audio, dan gambar video.
2. Menurut Hofstetter (seperti dikutip Benardo, 2011), Multimedia interaktif adalah
pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio,
gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool
yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi, dan
berkomunikasi.
B. Jenis Multimedia Interaktif
Menurut Suyanto (seperti dikutip Benardo, 2011) jenis multimedia interaktif terbagi
menjadi dua bagian, yaitu sebagai berikut:
1. Multimedia Interaktif Online
Multimedia interaktif online adalah media interaktif yang cara penyampaiannya melalui
jalur/kawat/saluran/jaringan. Contohnya situs Web, Yahoo Messengers, dan lain
sebagainya. Jenis media ini termasuk media lini atas, yang komunitas sasarannya luas,
dan mencakup masyarakat luas.
2. Multimedia Interaktif Offline
Multimedia interaktif offline adalah media interaktif yang cara penyampaiannya tidak
melalui jalur/kawat/saluran/jaringan. Contohnya CD interaktif Company Profile, Media
Pembelajaran. Media ini termasuk media lini bawah karena sasarannya, tidak terlalu luas,
dan hanya mencakup masyarakat pada daerah tertentu saja.
C. Manfaat Multimedia Interaktif
Manfaat Multimedia Interaktif dalam bidang Pendidikan Manfaat multimedia interaktif dalam bidang pendidikan/khususnya pembelajaran
sebagai berikut :
a. Proses pembelajaran lebih menarik.
b. Lebih interaktif.
c. Jumlah waktu mengajar dapat dikurangi.
d. Kualitas belajar dapat ditingkatkan, dan proses belajar mengajar dapat dilakukan di
mana dan kapan saja, serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.
D. Keunggulan Multimedia
Adapun keunggulan multimedia dalam hal
pembelajaran, antara lain sebagai berikut:
a. Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron, dan lain-lain.
b. Memperkecil benda yang sangat besar, yang tidak mungkin dihadirkan di sekolah, seperti gajah, rumah, gunung dan lain-lain.
c. Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dan lain-lain.
d. Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju dan lain-lain.
E. Manfaat Multimedia Interaktif
Secara umum, manfaat multimedia interaktif dapat dijadikan media sebagai berikut :
a. Promosi (Company Profile, Iklan).
b. Tutorial (Panduan penggunaan alat).
c. Hiburan (Game).
d. dan lain-lain.
F. Multimedia memiliki manfaat yang beragam, seperti penggunaan berikut :
1. Industri kreatif.
2. Komersial.
3. Hiburan dan seni rupa.
4. Pendidikan.
5. Teknik.
6. Perindustrian.
7. Matematika dan penelitian ilmiah.
8. Kesehatan.
9. Gambar dokumen.
G. Model multimedia interaktif sebagai berikut:
1. Model tutorial merupakan salah satu
jenis model yang memuat penjelasan,
rumus, prinsip, bagan, tabel, definisi
istilah, latihan, dan percabangan yang
sesuai. Percabangan di sini dibentuk
untuk berpindah atau bergerak sesuai
pembelajaran berdasarkan jawaban
atau respons pengguna terhadap
materi dan pertanyaan-pertanyaan.
Tujuan dari model tutorial untuk
memberikan informasi, mengevaluasi/
pertanyaan-pertanyaan, dan adanya
umpan balik sesuai dengan keinginan
pengguna.
2. Model drill and practice merupakan
model yang tidak memuat materi
tetapi langsung pada berlatih dan
praktik sesuai dengan teori yang
pernah diperoleh sebelumnya. Model
ini menganggap bahwa konsep
dasar telah dikuasai oleh pengguna
sebelumnya dan mereka sekarang
siap untuk menerapkan rumusrumus, bekerja dengan kasus-kasus
konkret, dan menjelajahi daya
tangkap mereka terhadap materi.
Fungsi utama untuk memberikan
latihan dan praktik sebanyak mungkin
terhadap kemampuan pengguna.
3. Model simulasi merupakan model
yang disesuaikan dengan kenyataan
yang sebenarnya yang dihadapi oleh
pengguna dengan tujuan untuk
memperoleh pengertian global
tentang proses. Simulasi digunakan
untuk memperagakan sesuai dengan
aslinya/nyatanya sehingga pengguna
merasa seperti berada dalam keadaan
yang sebenarnya.
4. Model instructional games merupakan model yang berisi tentang tata cara menjalankan/
suatu prosedur menjalankan proyek multimedia Interaktif. Manfaat model ini adalah
untuk meningkatkan kemampuan memahami suatu prosedur. Seperti halnya simulasi,
game pembelajaran, dan lain-lain.
5. Model Hybrid merupakan gabungan dari
dua atau lebih model multimedia interaktif.
Contoh model hybrid adalah penggabungan
model tutorial dengan model drill and practice
dengan tujuan memperkaya kegiatan pengguna
dalam memahami informasi/pengetahuan yang
disampaikan pada multimedia interaktif.
6. Model Socratic merupakan model yang berisi
percakapan atau dialog antara pengguna
dengan komputer dalam natural language.
7. Model Inquiry merupakan suatu sistem
sebagai pangkalan data dan dapat
dikonsultasikan dengan pengguna,
pangkalan data berisi data yang dapat
memperkaya pengetahuan pengguna.
8. Model Informational menyajik an
informasi dalam bentuk data daftar atau
tabel. Informational sangat dibutuhkan
sebagai sumber informasi yang menuntut
interaksi sedikit dari pengguna.
Wassalamualaikum wr.wb Semoga bermanfaat bagi semua rangkuman yang saya buat kali iniππππ
A. Pengertian Multimedia Interaktif
Multimedia interaktif adalah media yang menggabungkan teks, grafik, video, animasi,
dan suara. Guna menyampaikan suatu pesan dan informasi, melalui media elektronik seperti
komputer dan perangkat elektronik lainnya. Pengertian Multimedia Interaktif menurut
beberapa ahli dijelaskan sebagai berikut:
1. Menurut Robin dan Linda (seperti dikutip Benardo, 2011), Multimedia interaktif
adalah alat yang dapat menciptakan persentasi yang dinamis dan interaktif, yang
mengombinasikan teks, grafik, animasi, audio, dan gambar video.
2. Menurut Hofstetter (seperti dikutip Benardo, 2011), Multimedia interaktif adalah
pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio,
gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool
yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi, dan
berkomunikasi.
B. Jenis Multimedia Interaktif
Menurut Suyanto (seperti dikutip Benardo, 2011) jenis multimedia interaktif terbagi
menjadi dua bagian, yaitu sebagai berikut:
1. Multimedia Interaktif Online
Multimedia interaktif online adalah media interaktif yang cara penyampaiannya melalui
jalur/kawat/saluran/jaringan. Contohnya situs Web, Yahoo Messengers, dan lain
sebagainya. Jenis media ini termasuk media lini atas, yang komunitas sasarannya luas,
dan mencakup masyarakat luas.
2. Multimedia Interaktif Offline
Multimedia interaktif offline adalah media interaktif yang cara penyampaiannya tidak
melalui jalur/kawat/saluran/jaringan. Contohnya CD interaktif Company Profile, Media
Pembelajaran. Media ini termasuk media lini bawah karena sasarannya, tidak terlalu luas,
dan hanya mencakup masyarakat pada daerah tertentu saja.
C. Manfaat Multimedia Interaktif
Manfaat Multimedia Interaktif dalam bidang Pendidikan Manfaat multimedia interaktif dalam bidang pendidikan/khususnya pembelajaran
sebagai berikut :
a. Proses pembelajaran lebih menarik.
b. Lebih interaktif.
c. Jumlah waktu mengajar dapat dikurangi.
d. Kualitas belajar dapat ditingkatkan, dan proses belajar mengajar dapat dilakukan di
mana dan kapan saja, serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.
D. Keunggulan Multimedia
Adapun keunggulan multimedia dalam hal
pembelajaran, antara lain sebagai berikut:
a. Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron, dan lain-lain.
b. Memperkecil benda yang sangat besar, yang tidak mungkin dihadirkan di sekolah, seperti gajah, rumah, gunung dan lain-lain.
c. Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dan lain-lain.
d. Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju dan lain-lain.
E. Manfaat Multimedia Interaktif
Secara umum, manfaat multimedia interaktif dapat dijadikan media sebagai berikut :
a. Promosi (Company Profile, Iklan).
b. Tutorial (Panduan penggunaan alat).
c. Hiburan (Game).
d. dan lain-lain.
F. Multimedia memiliki manfaat yang beragam, seperti penggunaan berikut :
1. Industri kreatif.
2. Komersial.
3. Hiburan dan seni rupa.
4. Pendidikan.
5. Teknik.
6. Perindustrian.
7. Matematika dan penelitian ilmiah.
8. Kesehatan.
9. Gambar dokumen.
G. Model multimedia interaktif sebagai berikut:
1. Model tutorial merupakan salah satu
jenis model yang memuat penjelasan,
rumus, prinsip, bagan, tabel, definisi
istilah, latihan, dan percabangan yang
sesuai. Percabangan di sini dibentuk
untuk berpindah atau bergerak sesuai
pembelajaran berdasarkan jawaban
atau respons pengguna terhadap
materi dan pertanyaan-pertanyaan.
Tujuan dari model tutorial untuk
memberikan informasi, mengevaluasi/
pertanyaan-pertanyaan, dan adanya
umpan balik sesuai dengan keinginan
pengguna.
2. Model drill and practice merupakan
model yang tidak memuat materi
tetapi langsung pada berlatih dan
praktik sesuai dengan teori yang
pernah diperoleh sebelumnya. Model
ini menganggap bahwa konsep
dasar telah dikuasai oleh pengguna
sebelumnya dan mereka sekarang
siap untuk menerapkan rumusrumus, bekerja dengan kasus-kasus
konkret, dan menjelajahi daya
tangkap mereka terhadap materi.
Fungsi utama untuk memberikan
latihan dan praktik sebanyak mungkin
terhadap kemampuan pengguna.
3. Model simulasi merupakan model
yang disesuaikan dengan kenyataan
yang sebenarnya yang dihadapi oleh
pengguna dengan tujuan untuk
memperoleh pengertian global
tentang proses. Simulasi digunakan
untuk memperagakan sesuai dengan
aslinya/nyatanya sehingga pengguna
merasa seperti berada dalam keadaan
yang sebenarnya.
4. Model instructional games merupakan model yang berisi tentang tata cara menjalankan/
suatu prosedur menjalankan proyek multimedia Interaktif. Manfaat model ini adalah
untuk meningkatkan kemampuan memahami suatu prosedur. Seperti halnya simulasi,
game pembelajaran, dan lain-lain.
5. Model Hybrid merupakan gabungan dari
dua atau lebih model multimedia interaktif.
Contoh model hybrid adalah penggabungan
model tutorial dengan model drill and practice
dengan tujuan memperkaya kegiatan pengguna
dalam memahami informasi/pengetahuan yang
disampaikan pada multimedia interaktif.
6. Model Socratic merupakan model yang berisi
percakapan atau dialog antara pengguna
dengan komputer dalam natural language.
7. Model Inquiry merupakan suatu sistem
sebagai pangkalan data dan dapat
dikonsultasikan dengan pengguna,
pangkalan data berisi data yang dapat
memperkaya pengetahuan pengguna.
8. Model Informational menyajik an
informasi dalam bentuk data daftar atau
tabel. Informational sangat dibutuhkan
sebagai sumber informasi yang menuntut
interaksi sedikit dari pengguna.
Wassalamualaikum wr.wb Semoga bermanfaat bagi semua rangkuman yang saya buat kali iniππππ
Komentar
Posting Komentar